Kebangkitan Yesus kls 10 sem 2



VI.c. KEBANGKITAN YESUS.
Kebangkitan Kristus adalah inti iman kita. “Andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu” (1Kor 15:14). Kematian Kristus haruslah satu dengan kebangkitannya. KematianNya adalah sebuah pertanyaan besar, siapakah Yesus sesungguhnya? Dan kebangkitanNya adalah jawaban dari misteri besar itu. Dia adalah Allah yang bangkit. KebangkitanNya itu memberi arti tentang kematianNya. 
Fakta Tentang Kebangkitan Yesus.
1.     Kubur Kosong.
Kubur kosong tidak serta merta memberitahukan bahwa Yesus telah bangkit. Bagi para rasul yang belum tahu cerita setelah itu, fakta khubur kosong justru menimbulkan tanda Tanya, kebingungan. Para perempuan di Markus 16:8, bahkan pulang dengan perasaan takut begitu mengetahui mayat Yesus tidak ada. Walau Malaikat telah menerangkan bahwa Yesus akan mendahului mereka ke Galilea. Tampak sekali mereka tampak shok dan takut sehingga pergi tanpa mengatakan apa-apa. Fakta kubur kosong ini adalah pertanyaan besar atau misteri : kemanakah Yesus?

2.     Penampakan.
Penampakan Yesus adalah jawaban dari pertanyaan besar dari peristiwa kubur kosong. Dia memperlihatkan diri di depan para rasul, kini bukan lagi sebagai manusia biasa namun masih dikenali para rasul sebagai manusia.
a.       Mula-mula dia menampakan diri kepada Maria Magdalena. Namun Maria mengira Dia adalah seorang tukang kebun dan bertanya kalau-kalau dia tahu tentang keberadaan mayat tuannya yang tiba-tiba raib. Magdalena baru mengenal Yesus ketika namanya di sebut, “Maria” (Yohanes 20:15-16). Maria tersontak gembira tapi Yesus mengingatkannya agar tidak menyentuhNya.
b.      Kemudian Dia menampakan diri kepada para wanita yang sedang kalut dan bingung mengetahuai mayat Yesus tidak ada, namun kata Malaikata DIa telah mendahului mereka ke Galilea. Para perempuan itu mengenaliNya, hanya karena Dia berkata, “Salam Bagimu.” Serentak mereka memeluk kakinya.   (Matius 28:9)
c.       Dia juga menjumpai dua murid yang sedang dalam perjalanan ke Emaus. Kedua murid itu tidak mengenaliNya walau pun Dia bicara banyak dan menjelaskan misteri Yesus Kristus, tokoh yang mereka sedang perbincangkan. Keduanya akhirnya mengenal pemuda yang itu, ketika Dia memecahkan roti. (Lukas 24:15)
d.      Suatu malam Dia menampakan diri kepada lebih banyak muridNya. Dan lebih istimewa, Dia menunjukan semua luka bekas paku pada tangan dan kakiNya. Agar mereka tidak ragu lagi. Kemudian Dia menghembusi mereka dengan Roh Kudus sekaligus memberikan tugas istimewa – sakramen tobat-. Thomas tidak ada saat itu, dan meragukan kebenaran cerita teman-temannya.(Yohanes 20:19-23) = (Lukas 24:36 – 49)
e.      Seminggu kemudian Yesus datang lagi, dan secara khusus kepada Thomas. Nampak sekali, bahwa Yesus mau agar semua rasulNya sungguh percaya dahulu tentang fakta kebangkitan dan keilahiaNya. Thomas yang sebelumnya tidak percaya, kini percaya penuh, “Ya Tuhan dan Allahku! katanya. Ungkapan yg hingga kini sering kita serukan ketika pastor mengangkat Hosti dan Piala. (Yohanes 20:24 – 28)
f.        Cerita penampakan Yesus yang cukup panjang terjadi di Yohanes 21.  Yesus sekali lagi memperlihatkan kuasaNya dengan membantu Petrus menangkap banyak ikan, setelah menyuruh Petrus menebarkan jala ke sebelah kanan. Dia juga tampak sangat manusiawi dengan ikut sarapan bersama para nelayan itu. Kemudian Dia menguji kesetiaan Petrus dengan 3 kali pertanyaan yang sama. (ingat bahwa Petrus pernah 3 kali menyangkal-Nya). Setelah yakin pada jawaban Petrus, Dia lalu memberikan tugas kepadaNya untuk jadi gembala atas domba-dombaNya.
g.       Yesus membawa para murid ke luar kota hingga ke dekat Betania. Dia lalu menumpangkan tangan untuk memberkati mereka, dan para muridNya menyaksikan Dia naik ke surga. (Lukas 24:50-53).
Dari kisah penampakan ini, tampak jelas pergerakan iman para rasul yang sedang down, seolah terkubur bersama Yesus kemudian bergerak ke keadaan penuh iman dan sukacita begitu Yesus menyapa. Perhatikan skema berikut.
Yesus : terlebih dahulu berinisiatif menampakan diri,
                Para Murid : belum / tidak mengenalinya.
Yesus : yang kemudian membuka diri, lewat sabda : dengan menyapa, memberi salam atau lewat tanda :menunjukkan bekas luka, makan bersama.
                Para murid : lalu mengakuiNya. Iman dan sukacita mereka kembali.
Yesus  : memberikan mereka tugas, untuk memberitahukan apa yang telah mereka lihat dan saksikan.

Jadi ada tiga unsur pokok yakni : inisiatif/ prakarsa dari Yesus, pengakuan dari para murid, tugas untuk memberi kesaksian.

Mengapa para murid sulit mengenalinya sebelumnya?
1.       Mungkin para murid begitu down, sehingga tidak langsung terbuka pada peristiwa gembira – kebangkitan – yang begitu mengejutkan.
2.       Mungkin para murid masih melihat Yesus dengan cara pandang yang lama, Dia adalah guru yang telah mati.
3.       Atau Yesus yang tampil beda, tidak seperti yang ketika para rasul kenal selama 3 tahun hidup bersama.

Maka Yesus menyapa nama mereka, menyebutkan berkat yang sering diucapkanNya: “Damai Sejahtera bagiMu” dan menunjukan tanda mukjizat (kepada Petrus dkk di danua), atau memperlihatkan luka-lukaNya. Semuanya mau membuktikan itu sungguh Yesus guru mereka.


Polemik Kebangkitan
                Khabar tentang kebangkitan tokoh mudah dan tenar ini dengan cepat langsung tersiar. Hal ini sudah diduga oleh imam kepala, maka mereka juga membuat khabar kontra: “mayat Yesus telah dicuri oleh para murid malam-malam ketika penjaga sedang tertidur.” Kedua cerita itu berkembang bersama dan membingungkan masyarakat. Maka Paulus bersaksi dengan tegas, berita dari imam kepala hanya berasal dari fakta tentang kubur kosong – jadi mayat dicuri. Sedangkan berita para Rasul adalah bahwa Yesus telah menampakan diri pertama kepada Petrus, lalu 12 murid, lalu 500 orang sekaligus, lalu Yakobus, lalu semua rasul dan akhirnya Paulus sendiri.  (1 Kor 15:6)
 Jelas bahwa bukan sekedar soal kubur kosong, para rasul tidak bicara soal kubur kosong. Mereka bicara Yesus sudah bangkit dan menampakan diri kepada mereka.

Makna Kebangkitan Yesus bagi Gereja:
1.       Dalam kebangitan Yesus, terpenuhilah janji-janji Perjanjian Lama (Luk. 24:26-27) dan janji Yesus sendiri selama hidupNya (Mat 28:6). Yohanes bahkan menyatukan peristiwa penyaliban dengan kebangkitan: “Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu  tahu, bahwa Akulah Dia” (Yoh 8:28).
2.       Kebangkitan Yesus memberikan semangat baru kepada para rasul (juga gereja penerusNya). Bahwa ternyata kita bisa bangkit dan mengalami hidup baru seperti Kristus (Rm 6:4).
3.       Kebangakitan Kristus adalah pembenaran atas semua sabda dan tindakanNya. Maka semuanya itu wajib kita tiru dan wartakan agar juga mengalami kesempurnaan hidup seperti Kristus. “Akulah jalan, kebenaran dan hidup” (Yohanes 14:6).
4.       Kebangkitan terjadi setelah kematian / penderitaan. Maka kesediaan untuk berkorban sampai tuntas harus berani diambil, agar kita mendapati mahkota kebangkitan setelahnya.

Kenaikan Yesus Ke Surga
                Yesus telah naik ke surge disaksikan para rasul, Dia kembali kepada kemuliaan dan keilahianNya. Namun Yesus tidak akan meninggalkan kita sebagai yatim piatu. Dia akan datang lagi (Yohanes 14:18).
Yesus juga memberikan tugas untuk mewartakan khabar gembira kepada seluruh makhluk dan seluruh dunia. Dan untuk itu Yesus lalu memberikan kita penolong, Roh Kudus. Roh Kudus itulah yang terus menjiwai para rasul dan juga gereja kita sekarang ini sebagai pewaris tradisi para rasul dan jemaat perdana.


Finish

Comments

  1. APA 3 UNSUR POKOK PENAMPAKAN YESUS SETELAH KEBANGKITAN

    ReplyDelete
  2. Hi, Anchis. Mungkin kamu memerlukan jawaban itu untuk USBN SMA, jadi maaf bila saya terlambat menjawab. Hal-hal pokok dari penampakan Yesus adalah bahwa:
    1. Yesus menampakan diri untuk memberikan peneguhan dan damai kepada para murid, membantu mereka mengusir segala keraguan dan ketakutan. Ini dilakukannya kepada para murid (Thomas tidak ada), juga kepada Maria dari Magdala.
    2.Yesus memang sudah bangkit dan yang bangkit itu adalah sungguh-sungguh Yesus yang pernah disalibkan. Hal ini dinyatakan Yesus sendiri ketika menampakan diri kepada para murid dan Thomas ada. Juga kepada dua murid yang berangkat ke Emaus.
    3. Yesus hendak memberikan tugas perutusan kepada murid dan mengangkat mereka sebagai penerus ajarannya, juga kuasa atas mereka. Ini dilakukannya tepat sebelum Ia naik ke Surga.

    ReplyDelete
  3. Mengapa murid Yesus cowo semua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasul Yesus cowo semua, murid Yesus banyak yang cewe.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

AGAMA KATOLIK kelas 12 Sems 1.

Materi AGAMA KATOLIK Sem. 1 kelas 10.

Agama Katolik SMA XI Sem 2