Try Out UKK kls XI 2017

Nama :                                                                                                 Kelas XI___
HUBUNGAN INTERNASIONAL

1.       Hubungan antarnegara atau antar-individu dari negara yang berbeda-beda, baik politis, ekonomi, atau pertahanan dan keamanan. 
Ini merupakan definisi Hubungan Internasional menurut….
a.       RENSTRA Politik Luar Negeri RI
b.       Suwandi Wiraatmadja
c.        Encyclopedia America
d.       UU No. 37 tahun 1999
e.       Muhamad Hatta

2.       Grayson kirk berpendapat bahwa terdapat unsur-unsur hubungan internasional, sebagai berikut. Kecuali…
a.       Sifat dan berlakunya atau pelaksanaan  sistem kenegaraan.
b.       Factor-faktor yang mempengaruhi dan menentukan kekuatan suatu bangsa.
c.        Posisi internasional dan politik luar negeri dari negara-negara besar.
d.       Sejarah hubungan internasional yang lampau.
e.       Pembentukan tata tertib dalam negeri.

3.       Perjanjian paling formal yang dilakukan oleh dua atau lebih negara, disebut…
a.       Treaty                                   d. Convention
b.       Protocol                               e. Modus vivendi
c.        Statute

4.       Dokumen yang mencatatat perjalanan atau proses suatu perjanjian, disebut…
a.       Treaty                                   d. Convention
b.       Protocol                               e. Modus vivendi
c.        Statute

5.       Ketentuan yang mengatur tentang perjanjian internasional Indonesia adalah…
a.       UU no.4 / 1960
b.       PP no. 8 tahun 1962
c.        Tap MPRS No. XII/ MPRS/1966
d.       UU no.1 tahun 1973
e.       UU no. 24 tahun 2000

6.       Perundingan yang bersifat penting dan dapat mempengaruhi kebijakan dalam negeri, mesti melewati tahap-tahap berikut…
a.       Perundingan – penandatanganan – ratifikasi
b.       Negosiasi – perundingan – pendandatangan – ratifikasi
c.        Negosiasi – penandatanganan.
d.       Penandatanganan- negosiasi – ratifikasi
e.       Perundingan – penandatanganan.

7.       Perjanjian yang meletakan kadiah-kaidah hukum yang harus ditaati masyarakat internasional, disebut…
a.       treaty contract.
b.        law making contract.
c.         law making treaties.
d.        law treaty contract.
e.        treaty making contract.

8.       Perjanjian antara Indonesia dan singapura tentang batas wilayah kedua negara, dapat digolongkan ke dalam bentuk perjanjian ….
a.       treaty contract.                              d.  law making contract.
b.        law making treaties.                     e.  law treaty contract.
c.         treaty making contract.

9.       Contoh perjanjian internasional tidak tertulis adalah…
a.       Charter                                            d. Convenant
b.       Convention                                     e. Treaty
c.        Deklarasi Unilateral

10.    Perjanjian internasional disebut bersifat self-executing, jika dapat berlaku …
a.       Sebelum diratifikasi oleh negara.
b.       Sesudah diratifikasi oleh negara.
c.        Sesudah diterimanya naskah perjanjian.
d.       Sesudah ditandatangani oleh peserta perjanjian.
e.       Sesudah dilakukan perubahan UU di negara perserta perjanjian. 

 11.    Berdasarkan konvensi Wina tahun 1969 tentang hukum internasional, setelah perundingan selesai dilajutkan tahap ….
a.       Negotiation                   d.  conferency
b.        Signature                      e.  exchange of notes
c.         ratification

12.    Tahap paling akhir tanda diterimanya suatu perjanjian internasional adalah…
a.       negotiation                  d.  conferency
b.       signature                     e.  exchange of notes
c.        ratification

13.    Pernyataan menerima atau menyetujui dari negara-negara yang terlibat suatu perjanjian internasional disebut….
a.       acceptance / approval                d. negotiation / signature
b.        signature / approval   e.  ratification / approval
c.         accession / acceptance

14.    Berikut adalah tujuan politik luar negeri Indonesia menurut Mohamad Hatta:
a.       Mempertahankan wibawa Indonesia di mata Internasional.
b.        Mendapatkan barang-barang yang oleh dalam negeri belum bisa dihasilkan.
c.         Memajukan kesejahteraan bersama masyarakat internasional.
d.        menciptakan kekuatan persenjataan dalam negeri.
e.        meningkatkan kerja sama di kawasan ASEAN.

15.    Menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang hubungan dan politik luar negeri.
Ini merupakan ….
a.       peranan Duta besar (ambassador)
b.        tugas pokok Departemen Luar Negeri
c.         fungsi perwakilan diplomatic.
d.        fungsi Depatemen Luar Negeri
e.        peranan konsulat luar negeri bidang politik

16.    Menteri Luar Negeri Indonesia mempertanggungjawabkan tugas-tugasnya kepada…
a.       DPR                                               d.  Presiden
b.       DPR dan Presiden      e.             e. MPR
c.        DPR dan MPR

17.    Dalam mengangkat duta dan konsul Presiden Republik Indonesia harus memperhatikan pertimbangan…
a.       Menteri                                       d. DPA
b.       DPR                                               e. MA
c.        Menlu

18.    Perangkat diplomatic dalam melaksanakan hubungan luar negeri didasarkan pada …
a.       Konvensi Wina 1961
b.        Kongres Aux la Chappella 1818
c.         Konverensi Wina 1969
d.        Statuta Mahkama Internasional
e.        Piagam PBB.

19.    Seorang pejabat Diplomatik tidak dapat dituntut secara pidana oleh negara tujuan (tempat tugas diplomat). Ini disebut….
a.       Ekstrateritory                              d.  Ekstraordinat
b.        Personal Immunity                    e.  Political Immunity
c.         Law Immunity 

20.    Kapan suatu perjanjian mulai berlaku?
a.       Negosiasi
b.        Ratifikasi
c.         Perundingan.
d.        Berakhirnya perundingan.
e.        Hasil perundingan mulai dilaksanakan.

21.    Perjanjian disebut berakhir bila…
a.       Masa berlakunya habis / kedaluwarsa.
b.        Salah satu pihak yang melanggar perjanjian.
c.         Perjanjian dinyatakan melanggar ketentuan hukum.
d.        Adanya unsur penipuan dan pemaksaan.
e.        Negara yang terlibat tidak setuju dengan isi perjanjian.

22.    Berikut adalah tugas perwakilan Diplomatik. Kecuali
a.       Presentasi                       d. Proteksi.
b.       Negosiasi                         e. Observasi 
c.        Representasi.

23.    Seorang TKI didakwa melakukan pelanggaran hokum di wilayah Hukum Malaysia. TKI tersebut terancam hukuman mati. Namun atas usaha keras pemerintah Indonesia, TKI tersebut dipulangkan ke Indonesia untuk dikenai hukum Indonesia. Ini adalah bagian dari perjanjian …
a.       Ekstrateritory
b.        Ekstradisi
c.         Extra Nula Salus
d.        Antar-negara
e.        Kerja Sama

24.    Apa bedanya diplomat dan konsuler?
a.       Diplomat berurusan dengan pemerintah daerah.
b.       Konsuler memiliki hak ekstrateritory.
c.        Konsuler memiliki kekebalan hukum.
d.       Diplomat adalah perwakilan politik.
e.       Diplomat bebas dari semua pajak.

25.    Berikut adalah dua dari lima negara yang memprakarsai ASEAN.
a.    Indonesia dan Malaysia
b.    Indonesia dan Vietnam
c.     Singapura dan Laos
d.    Thailand dan Kamboja
e.    Indonesia dan Myanmar

26.    Piagam yang berisi tentang kesepakatan awal lahirnya PBB adalah …
a.       Versaile Charter 1919
b.        Konvensi Wina 1964
c.         Konverensi Renvile
d.        Pasific Charter
e.        Atlantic Charter

27.    Setelah berakhirnya PD II, politik dunia terpecah dalam dua kubu yakni blok Timur dan blok Barat. Kedua blok masing-masing mencari anggota baru.
Fenomena ini menjadi salah satu alasan lahirnya….
a.       ASEAN                                          d.  KAA
b.        PBB                                              e.  NATO
c.         MEA

28.    Lembaga PBB yang mengurusi urusan bidang pendidikan dan kebudayaan adalah…..
a.       UNESCO.                                      d.  UNICEF.
b.        UNHCR.                                       e.   WHO.
c.         WTO.



HUKUM INTERNASIONAL

29.    Hukum Internasional dalam Bahasa Prancis disebut…
a.       Ius Gentium                          d. Volkernerch
b.       Droit des Gens                      e. Ius Naturale
c.        De Jure Beli ac Pacis

30.    Siapakah Bapak Hukum Internasional?
a.       Aristoteles                           d.  Hugo de Groot
b.        Imanuel Kant                     e.  Paul laband
c.         G. Jellinek.

31.    Negara melaksanakan hukum bagi semua orang yang berada dalam wilahnya. Sedangkan di luar wilayahnya berlaku hukum asing. Ini adalah asas…
a.       Teritorial                              d.  Kebangsaan
b.        Kepentingan umum          e.  Hukum Nasional
c.         Hukum Internasional

32.    Berdasarkan hasil penyelidikan khusus inteligen, diketahui Osama Bin Lade, warga negara Arab Saudi, ada dalam wilayah Pakistan. Maka suatu sore tentara Amerika menerobos masuk ke wilayah Pakistan dan menembak Osama Bin Laden. Ini adalah penerapan asas hukum ….
a.       Teritorial                                              d.  Kebangsaan
b.        Kepentingan umum                          e.  Hukum Nasional
c.         Hukum Internasional

33.    Semua warga negara Indonesia diperkenankan untuk ikut pemilu Indonesia di negara manapun dia berada. Dan pemerintah Indonesia wajib menyediakan layanan tersebut. Ini adalah salah satu contoh penerapan asas…
a.       Teritorial                                              d.  Kebangsaan
b.        Kepentingan umum                          e.  Hukum Nasional
c.         Hukum Internasional

34.    Hukum internasional adalah hokum yang membahas kebiasaan-kebiasaan yang diikuti negara-negara pada zamannya. Ini adalah definisi hukum menurut?
a.       Grotius                                                             d.  J.G Starke
b.       Brierly                                                              e.  Hackwort
c.        Mochtar Kusumaatmadja

35.    Seorang Indonesia menikah dengan seorang berkewarganegaraan Rusia. Anak yang dilahirkan adalah anak Indonesia. Ini diatur oleh …
a.       Hukum tidak tertulis
b.       Hukum tertulis.
c.        Hukum publik internasional
d.       Hukum perdata internasional
e.       Hukum Pidana internasional.

36.    Menurut konvensi Wina 1969, hukum ini hanya berlaku pada perjanjian antar-negara, sedangkan subjek perjanjian bukan negara tidak tunduk padanya.
a.        Hukum tidak tertulis
b.        Hukum tertulis.
c.         Hukum publik internasional
d.        Hukum perdata internasional
e.        Hukum Pidana internasional.

37.    Menurut Schwarsenberger, hukum internasional adalah alat yang merumuskan kekuasaan dari suatu negara, untuk memaksa negara lain agar tunduk padanya. Ini disebut…
a.       Law of Power                               d.  Law of Reciprocity.
b.       Law of Coordination.   e.   Law of Mediation.
c.        Law of Conqueror

38.    Menurut asas Hukum Internasional ini, semua negara dipandang sama kedudukannya. Dalam rapat umum PBB, suara negara kecil seperti Pantai Gading dianggap sama kekuatannya dengan suara Amerika.  Oleh Scwarsenberger ini disebut…
a.       Law of Power                               d.  Law of Reciprocity.
b.       Law of Coordination.   e.  Law of Mediation.
c.        Law of Conqueror

39.    Mengapa Vatikan, walaupun adalah organisasi keagamaan disebut sebagai subjek hukum internasional?
a.       Karena kepala negaranya adalah Sri Paus
b.       Karena sebagai pusat organisasi Agama Katolik.
c.        Karena strukturnya menyerupai negara.
d.       Karena  merupakan organisasi besar.
e.       Karena merupakan organisasi tua.

40.    Sumber hukum internasional dapat berasal dari keputusan-keputusan hakim terdahulu. Atau yang disebut…
a.       Yurisdiksi                                     d.  experience
b.       Modus Vivendi                           e.  Justifikasi
c.        Yurisprudensi

41.    Hukum internasional dapat bersumber dari kesepakatan bersama, atau sidang resmi negara-negara anggota PBB yang menghasilkan dokumen penting dan paling formal. Ini disebut?
a.       Traktat
b.       International Custom
c.        General Principles of Law
d.       Modus Vivendi
e.       Doktrin

42.    Beberapa kali ISIS melakukan hukuman mati terhadap tawanan sipil, dengan cara dipenggal. Perlakukan ini mendapat reaksi keras dari negara-negara dunia, dan sebut sebagai kebiadaban, atau dalam Hukum Internasional disebut …
a.       Traktat
b.       International Custom
c.        General Principles of Law
d.       Modus Vivendi
e.       Doktrin


43.    Proses ratifikasi yang membentuk UU harus atas persetujuan legislatif. Ini tertuang dalam peraturan …
a.       Kepres no. 2 tahun 1996
b.       UUD 1945 pasal 27 ayat (1)
c.        Kepres No. 188 Tahun 1998
d.       UU no. 12 tahun 2006
e.        UU no. 56 tahun 1958

45.    Langkah pertama dalam membawa kasus ke mahkama internasional adalah….
a.       Melakukan perjanjian bilateral antara negara yang bersengketa.
b.       Penyerahan nota perjanjian atau aplikasi ke mahkama internasional.
c.        Menyerahkan kontra responden kepada mahkama internasional.
d.       Menguraikan sengketa, mencari bukti-bukti yang kuat.
e.       Memilih pihak arbiterasi.

46.    Kwait melaporkan Irak ke Mahkama Internasional yang telah mengifasi negaranya. Atas keputusan Dewan Keamanan, Amerika lalu memimpin serangan terhadap Irak.  Registrator yang menerima laporan Kwait, menulisnya demikian….
a.       Irak Vs Kwait
b.       Kwait V Irak
c.        Amerika Vs Irak
d.       Kwait / Irak
e.       Kwait / Irak / Amerika

47.    Bila merasa perlu karena para majelis hakim Mahkama Internasional maka majelis meminta negara bersengketa membuat catatan yang diperlukan atau disebut memorial / counter memorial. Tahapan ini disebut …
a.       Oral Pleading.
b.       Pengajuan Aplikasi.
c.        Pengajuan Memorial / Counter memorial.
d.       Writing Pleading.
e.       Presentasi.

48.    Perjanjian Internasional mulai berlaku dan mengikat pada waktu…
a.       Perundingan
b.       Ditandatangani
c.        Disetujui parlemen
d.       Diratifikasi
e.       Diundangkan.

49.    Dalam peperangan harus ada hukum yang mengaturnya. Pelanggaran terhadap tata aturan berperang akan dianggap sebagai kejahatan perang. Manakah dari contoh berikut yang disebut pelanggaran hukum perang?
a.       Melakukan pembomban di daerah musuh.
b.       Menembak hingga tewas lawan yang lemah dan bersenjata.
c.        Menyerang Palang Merah.
d.       Menangkap dan menawan anak-anak yang memegang senjata.  
e.       Menjadikan musuh sebagai sahabat.

50.    Peran Mahkamah internasional adalah…
a.       Menyelesaikan sengketa dari anggota PBB
b.       Memberi nasihat kepada anggota dewan keamanan
c.        Menciptakan perdamaian dunia
d.       Meningkatkan kualitas hukum negara
e.       Mnciptakan persahabatan bangsa

51.    Sengketa internasional, bias berupa keamanan, territorial, politik, ideologi atau social budaya. Berikut adalah contoh sengketa internasional di bidang sosial budaya adalah…
a.       Pengiriman TKI illegal
b.       Masalah terorisme
c.        Kedaulatan Laut di Inggris
d.       Masalah daerah perikanan antara Inggris dan Norwegia
e.       Pemberian asylum pada warga Columbia

52.    Bisa suatu negara sepakat membawa sengketa mereka ke pengadilan internasional, dan mereka memilih sendiri hakim-hakim yang akan mengadili perkara mereka, maka sebenarnya mereka sedang membawa persoalan mereka kepada ….
a.       Mahkama Internasional
b.       Sidang umum PBB
c.        Badan Arbiterasi
d.       Badang penegang.
e.       Pihak mediator.




53.    Korea Utara diduga memiliki senjata nuklir yang dilarang oleh dewan keamanan PBB. Namun mereka tidak menggubris larangan tersebut. Bahkan mereka telah berhasil menciptakan rudan yang dapat menjangkau radius ribuan mill, hingga dapat menyentuh daratan Australia. Keras kepala Korea Utara membuat panas Amerika, dan berniat melakukan serangan bersenjata. Ini disebut…
a.       Keputusan PBB
b.       Agresi militer
c.        Invasi
d.       Penjajahan
e.       Ariberasi

54.    Dalam menyelesaikan sengketa  jika perkara akan diajukan, maka harus memenuhi salah satu syarat sebagai berikut yaitu…
a.       Harus berdarsarkan penetapan mahkamah internasional
b.       Persetujuan pihak-pihak yang akan mengajukan perkara
c.        Diatur oleh PBB
d.       Meminta ijin kepada negaranya
e.       Dengan persetujuan perorangan

55.    Mengapa dalam kasus pengambilan Pulau Ligatan dan Sipadan oleh Malaysia, Indonesia dinyatakan kalah oleh hakim?
a.       Indonesia tidak punya dukungan PBB.
b.       Pengacara Indonesia kurang kompeten.
c.        Malaysia punya bukti fisik yang kuat di pulau tersebut.
d.       Sejak jaman penjajahan, dua pulau tersebut memang milik Inggris.
e.       Indonesia menyerahkan kedua pulau itu begitu saja, dari pada tidak diurus.

56.    Sebelum dibawa ke mahkama internasional, biasanya kedua negara mencari penyelesaian sendiri. Misalnya dengn cara…
a.       Melapor kepada Mahkama Internasional.
b.       Saling menyerang dengan kekuatan senjata.
c.        Melapor dan membentuk pihak arbiterasi
d.       Melakukan perjanjian khusus.
e.       Melakukan blokade militer.

57.    Dalam keputusan mahkamah internasional, maka setiap keputusan harus dihargai karena… kecuali
a.       bersifat mengikat
b.       keputusan yang merupakan hasil pertimbangan
c.        menghargai keputusan itu wajib
d.       diperoleh dari kesepakatan bersama
e.       memiliki nilai yang memaksa bagi yang mengadakan perjanjian

58.    Ada sengketa yang diselesaikan secara hukum (yuridksi) ada pula yang dapat diselelesaikan secara politik (non-Yuridiksi). Berikut cara menyelesaikan sengketa internasional dengan cara non-yuridiksional (politik), kecuali:
a.       Perundingan dan mediasi
b.       Dibawa dalam rapat regional, misalnya ASEAN.
c.        Diadili di mahkama internasional.
d.       Diputuskan dalam sidang tahunan PBB.
e.       Angket, atau pengumpulan fakta-fakta.

59.    Dalam struktur orgnisasi PBB ada badan tertinggi, yang terdiri dari semua anggota PBB. Badan ini sebut…
a.       Security Council
b.       Sekretariat
c.        Dewan Perwalian
d.       General Assembly
e.       Mahkama Internasional

60.    Melaksanakan tugas-tugas administratif PBB, membuat laporan tahunan untuk Majelis Umum, mengajukan kepada Dewan Keamanan PBB setiap situasi yang menurutnya membahayakan perdamaian Internasional.
Ini adalah tugas dari…
a.       Mahkama Internasional
b.       Security Council
c.        Dewan Perwalian
d.       General Assembly
e.        Sekretariat





SEBERAPA BESAR KEMENANGAN DIUKUR DARI SEBERAPA SERING LATIHAN.









Esay :

1.       Jelaskan manfaat hubungan dan kerja sama internasional bagi suatu negara!
2.       Mengapa politik luar negeri Indonesia disebut sebagai politik perdamaian?
3.       Apa saja perbedaan dan persamaan korps diplomatic dan konsuler?
4.       Apa saja bentuk ratifikasi perjanjian internasional?
5.       Apa saja manfaat ASEAN bagi Indonesia?
6.       Jelaskan secara singkat factor-faktor yang mempengaruhi politik Luar Negeri Indonesia!
Hukum Internasional :
7.       Apa saja asas-asas hukum internasional? Jelaskan!
8.       Jelaskan sumber-sumber hukum internasional!
9.       Sebutkan cara-cara menyelesaikan suatu konflik internasional secara damai?
10.    Sebutkan cara-cara menyelesaikan suatu konflik internasional secara paksaan.
11.    Mekanisme beracara di Mahkama Internasional.


ISTILAH

1.       Traktat :   perjanjian yang mengikat dua atau lebih negara. Bentuknya paling formal. Negara-negara yang terlibat di dalamnya tidak dapat menarik diri begitu saja dari kewajiban-kewajiban tanpa persetujuan dengan negara-negara lain yang terlibat.
2.       Konvensi :  persetujuan formal yang bersifat multilateral, tidak berurusan dengan kebijakan tingkat tinggi (high policy), namun delegalisi (wakil negara) harus memiliki kuasa penuh.
3.       Protokol : Persetujuan tidak resmi, umumnya tidak melibatkan kepala negara. Mengatur masalah-masalah tambahan, seperti kesepakatan tentang tafsiran aturan (klausal) tertentu. Tidak perlu ratifikasi
4.       Agreement : perjanjian yang bersifat teknis atau administrasi
5.       Arrangement : Istilah untuk perikatan-perikatan yang bersifat sementara. Misalnya kesepakatan yang umurnya hanya sebulan tentang pertukaran pelajar.
6.       Statute :  Dokumen yang berisi aturan-aturan tentang suatu hal khusus yang disepakati dalam suatu perjanjian Internasional. Misalnya Piagam PBB tentang HAM, tentang Kebebasan Transit, dll.
7.       Declaration Suatu pernyataan dalam perjanjian Internasional.
8.       Modus Vivendi : Dokumen yang mencatat persetujuan internasional yang bersifat sementara sampai berhasil diwujudkan perjanjian yang lebih permanen, terinci, sistematis, dan tidak memerlukan ratifikasi.
9.       Excange of notes: Pertukaran nota kesepakatan yang menimbulkan ikatan hukum bagi negara atau badan yang melakukan pertukaran.
10.    Law making treaties  : Perjanjian yang membentuk hukum internasional, artinya hal-hal yang dihasilkan mengikat juga negara-negara di dunia yang walaupun tidak ikut ambil bagian dalam rapat.  (lihat Treaty Contract)
11.    Treaty Contract :  Perjanjian yang melibatkan beberapa negara dan yang taat dan terikat hanyalah negara yang terlibat dalam perjanjian tersebut. (lihat law making treaty)
12.    Negosiasi : Penjajakan pendapat, diskusi awal untuk menentukan hal-hal yang akan menjadi kesepakatan.
13.    Ratification : Pengesahan paling akhir dan paling formal suatu perjanjian.
14.    Accession : Suatu tindakan formal menyatakan bahwa suatu negara terikat pada suatu perjanjian walau tidak tidak ikut menandatangani perjanjian.
15.    Acceptance : pernyataan menerima terhadap perubahan suatu perjanjian yang telah disetujui.
16.    Approval :  pernyataan setuju terhadap perubahan suatu perjanjian yang telah disetujui.
17.    Security Council : Dewan keamanan PBB
18.    Law of power : hukum yang dipakai oleh suatu negara untuk menguasai negara lain.
19.    Law of reciprocity : Hukum yang dipakai untuk menempatkan semua negara pada posisi yang sama.
20.    International Custom : Kebiasaan internasional yang tertulis maupun tidak (misalnya cara menerima tamu kehormatan)
21.    General Principle of Law : Prinsip umum negara-negara beradab (misalnya, menghormatan terhadap HAM tawanan perang)
22.    Yurisprudensi : Keputusan Hukum berdasarkan catatan keputusan hakim sebelumnya.
23.    Judical Decision : Keputusan hukum berdasarkan keputusan Bersama juri dalam suatu pengadilan.
24.    Applicant : Negara yang mengajukan persoalan (aplikasi) kepada mahkama internasional
25.    Respondent : Negara yang terlibat sengketa dengan negara aplikan yang dilaporkan ke mahkama internasional oleh aplikan
26.     Pembelaan tertulis : Memorial dan tanggapan memorial (counter memorial) diminta oleh Mahkama kepada pihak bersengketa.  
27.    Hukum perdata Internasional : Hukum yang mengatur tentang masyarakat internasional.
28.    Hukum publik internasional : Hukum yang mengatur negara-negara internasional.
29.    Arbiterasi : Pihak ketiga yang dipilih oleh negara-negara bersengketa untuk menyelesaikan persoalan mereka.
30.    Organigra PBB :
a.       DK : Dewan Keamanan
§  Memelihara perdamaian dan keamanan
§  Menyelidiki setiap sengketa internasional
§  Menentukan ancaman terhadap keamanan dan perdamaian.
§  Mengususlkan cara damai penyelesaian suatu konflik
b.       Majelis Umum:
ü  Memberi rekomendasi asas kerja sama internasional.
ü  Membuat rekomendasi untuk melakukan
c.        Sekretariat
Ø  Mengurusi semua masalah administrasi organisasi
Ø  Membawa persoalan yang membahayakan keamanan internasional kepada DK
Ø  Membuat laporan tahunan kepada majelis umum
d.       Mahkama Internasional
·         Menyelesaikan konflik internasional
·         Memberi nasihat terhadap suatu masalah hkum internasional.


Comments

Popular posts from this blog

AGAMA KATOLIK kelas 12 Sems 1.

Materi AGAMA KATOLIK Sem. 1 kelas 10.

Agama Katolik SMA XI Sem 2