Renungan harian Katolik 4 September 2020 : orang tua level Mytic

 Sumber Gambar: UHD Wallpaper
Day 4 : Bulan Kitab Suci Nasional
4 September 2020
Lukas 5 : 33- 39
 
Anggur baru bisa merusak wadah kulit yang lama. 
Namun kualitas terbaik ada pada anggur lama.
 
                                                                            Orang Tua level Mytic                      
                                
    Orang-orang muda memang wajar dan sudah seharusnya mencari hal-hal baru. Mereka selalu belajar dan menyusaikan diri dengan apa yang baru. Meniru hal-hal baru adalah kebiasaannya. Mereka menjadi penuh dinamis. Mereka punya daya dobrak pada tradisi dan rutinitas lama yang membosankan dan bikin mati gaya.
    Orang tua mau tidak mau menyesuaikan diri. Namun keluarga mestinya menjadi wadah terkuat untuk melindungi anak-anaknya. Dinamika dunia tidak perlu harus selalu diikuti oleh orang muda, orang tua pun tidak harus juga berubah mengikuti anaknya. Ada nilai luhur dalam keluarga (dari agama dan masyarakat) yang harus tetap dipertahankan.
    Keunggulan orang tua adalah mereka sudah mengalami menang dan kalah dalam banyak pertarungan. Itulah kualitas dirinya. Kisah mereka mungkin tampak mitos bagi anaknya, namun itu berarti orang tua sudah sampai pada level Mytic – bahkan glorious Mytic - dalam hidup.
    
Orang tua yang terlalu adaptif terhadap kemauan anak, berarti  mengabaikan kualitas dirinya yang mestinya dipelajari anaknya. Anaknya justru kebingungan mencari nilai unggul dari tempat lain dan sangat berbahaya jika menemukannya pada contoh yang salah.
Anak muda, teruslah belajar. Orang tua pertahankan nilai keutamaan keluarga.  
 
 
Sumber Gambar: UHD Wallpaper

Comments

Popular posts from this blog

AGAMA KATOLIK kelas 12 Sems 1.

Materi AGAMA KATOLIK Sem. 1 kelas 10.

Agama Katolik SMA XI Sem 2