Masa Advent

ADVENTUS

Ada cerita tentang sebuah kampung yang mendengar berita akan dikunjungi sang raja yang sangat dikagumi, dicintai dan dihormati rakyatnya. Rakyat yang tidak pernah melihat rupa sang raja itu pun bersorak gembira. Mereka mengadakan syukuran atas berita yang sangat menggembirakan itu. Persiapan pun dimulai. Tenda didirikan, banyak binatang disiapkan untuk disembelih. Sayangnya tidak seorangpun tahu kapan sang raja akan tiba.

Seorang perempuan tua di kampung itu, ditugasi untuk menganyam tikar, tempat duduk sang raja bila dia tiba nanti. Dia menekuni pekerjaannya, dalam keheningan, merajut lembar demi lembar anyaman.

 Hari ke-lima setelah warga menyiapkan kedatangan sang raja, mereka mulai ragu. Tidak ada lagi kehangatan pesta. Mereka lelah dalam penantian dan capai melakukan persiapan. Malam itu rajapun tiba setelah melewati perjalanan jauh dan melelahkan.  Didapatinya kampung itu sunyi senyap, dan gelap gulita tanpa penerangan di tiap rumah. Ketika pintu rumah diketuk, tidak ada satu pun jawaban. Semuanya tertidur pulas dalam kelelahan dan kehilangan harapan.

Raja menemukan sebuah rumah kecil yang lampunya masih menyala. Diketuknya rumah itu. Di dapatinya seorang perempuan tua yang sedang menganyam tikar. Malam itu sang raja bermalam di situ. Dan subuh-subuh berangkat ke kampung lain.

Adven :     Nyalakan pelitamu.... Tuhan datang saat yang tidak kita ketahui.
                 Nyalakan harapanmu... Tuhan pasti datang tak usah peduli kapannya.

Saudara Katolik? Ini adalah masa hening. Belum saatnya merayakan natal. Jangan tergoda dengan hingar bingar natal di tempat lain, merayakan natal dengan gegap gempita, dengan umat berlaksa-laksa. Tuhan menjumpaimu seorang, moga dia menemukan kesabaran menunggu di rumahmu, dengan pelita tetap menyala di hatimu.


arti lilin adven ada di sini : 
https://mimbarduniaku.blogspot.com/2010/12/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.htmlhttps://mimbarduniaku.blogspot.com/2010/12/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

Comments

Popular posts from this blog

AGAMA KATOLIK kelas 12 Sems 1.

Materi AGAMA KATOLIK Sem. 1 kelas 10.

Agama Katolik SMA XI Sem 2