5 Kitab Taurat satu cerita



Satu Cerita 5 Kitab Taurat
Kitab Kejadian menceritakan awal mula dan asal usul nenek moyang Israel dan dari mana mereka semua berasal.  Pada cerita Adam dan Hawa, jelas bahwa alam semesta berasal dari Allah. Dari keturunan Adam lahirlah Nuh. Pada zamannya, manusia pernah dilenyapkan hanya tersisa Nuh dan keluarganya -bersama binatang-binatang tiap jenis dua pasang. Dari keturunan Nuh lahirlah Abraham.
Pada Abraham Allah menjanjikan Tanah Terjanji dan Keturunan.   Pada usia tua, ketika Sarai istri Abraham sudah lanjut usia, Allah memberikan anak bernama Ishak. Ishak memiliki anak, Yakub. Yakub memiliki 12 anak, termasuk Yusuf. Karena kecemburuan Yusuf dijual saudara-saudaranya ke pedagang Mesir. Di Mesir Yusuf jadi orang penting, dan menyiapkan Negara itu menghadap bahaya kelaparan.
Dalam kitab Keluaran diceritakan, ketika kelaparan itu terjadi Yusuf lalu memanggil saudara-saudaranya beserta keluarga untuk tinggal di Mesir. Merekapun berkembang biak di Mesir. Namun akhirnya Yusuf dan saudara-saudara seangkatannya mati. Dan raja baru lalu bertahta, raja ini tidak mengenal Yusuf. Maka dia menjadikan orang Israel sebagai Budak. Allah kasihan pada mereka dan menjadikan Musa sebagai pemimpin orang Israel untuk membebaskan mereka.
Musa membawa orang Israel keluar dari Mesir lewat padang gurun selama 40 tahun. Mereka menyeberangi laut Merah, dan bertemu dengan banyak suku asing, agama asing selama perjalanan.  Agama-agama  itu ternyata memberi dampak buruk kepada orang Israel, mereka terkontaminasi. Maka Musa mengeluarkan banyak peraturan dalam kitab Imamat, bagaimana seharusnya orang Israel berdoa dan berprilaku.  Suku-suku yang mereka jumpai itu ada yang menyambut mereka dengan baik, ada pula yang memerangi mereka. Maka Musa menghitung jumlah prajuritnya, mendata ke 12 suku Israel, membagi wilayah tempat tinggal supaya antara mereka tidak berebutan. Ini diceritakan dalam kitab Bilangan.
Musa dan orang-orang tua seangkatannya tidak izinkan masuk ke Kanaan.  Karena selama di padang mereka banyak protes dan mengeluh kepada Allah. Mereka seperti tidak percaya bahwa Allah sedang menyelamatkan mereka. Hanya orang-orang muda yang lahir diperjalanan saja yang boleh masuk ke Kanaan. Maka musa menulis Kitab Ulangan, untuk mereka bawa dan baca ke Kanaan. Isinya adalah sejarah perjalanan mereka, agar anak-anak muda itu tahu nenek moyang dan sejarah bangsanya, tahu pula perbuatan-perbuatan ajaib Allah yang memuncak pada peristiwa Paskah - Pembebasan mereka dari Mesir dan Firaun.  Mereka dipimpin oleh Yosua dan Harun yang sudah ditetap sebagai imam. 

Selanjutnya adalah kitab-kitab sejarah tentang Israel di Tanah Terjadi. Mulai dari Yosua, kemudian bagaiman Israel memilih hakim pertama sebelum kemudian menjadi raja, sehingga umat tersebut tidak menjadi semacam gerombolan tanpa pemimpin. Selanjutnya kita para Nabi yang menulis tentang nubuat dan nasehat-nasehat agar umat Israel bertobat, tidak meninggalkan Allah dan selalu berharap akan datangnya lawatan Allah yang menyelamatkan. 

Comments

Popular posts from this blog

AGAMA KATOLIK kelas 12 Sems 1.

Materi AGAMA KATOLIK Sem. 1 kelas 10.

Agama Katolik SMA XI Sem 2