Paskah Pertama Yahudi dan Paskah Kristiani



Paskah Pertama Yahudi dan Paskah Kristiani
Apa yang sama di antara keduanya?
Paskah Yahudi Yang Pertama
Sebelum umat Israel berangkat kembali ke Kanaan dari Mesir, Allah menyuruh mereka mengadakan malam perjamuan terakhir di Mesir. Setiap keluarga berkumpul di rumah masing-masing untuk mengucapkan doa SYUKUR (paskah). Aturannya:
Mereka menyembelih Domba : yang masih muda dan sehat, belum kawin dan tidak bercacat.
Seluruh daging Domba harus dihabiskan. Sisanya dibakar sampai habis jadi debu.
Darahnya dioleskan di jenang pintu sebagai tanda keselamatan. Sebab tengah malam malaikat akan berkeliling untuk membunuh anak sulung Mesir, manusia atau hewan untuk menghukum ketegaran hati Firaun. Jika malaikat melihat tanda darah itu, maka dia akan melewatinya.
Keesokan harinya mereka bebas, pergi ke padang Gurun selama 40 tahun, lalu menyeberangai laut merah dengan cara yang ajaib.
Domba itu makhluk untuk korban, karakaternya penurut, tidak memberontak atau melawan seperti kambing.
Paskah Kristiani
Adalah perayaan kemenangan Kristus dan pembebasan umat manusia. Pada Malam Perjamuan Terakhir (pas malam paskah Yahudi) Yesus mengambil roti yang adalah tubuhnya, dan anggur yang adalah darahNya untuk diberikan kepada para Murid, agar mereka selamat. Paskah itu menjadi paskah Perjanjian Baru dan Kekal, untuk pengampunan Dosa.
Yesus adalah orang muda dan sehat (sehingga kuat memikul salib), belum/ tidak kawin, tidak bercacat (kudus).
Yesus itu akhirnya disiksa babak belur, sampai wafat- lalu dikuburkan habis tak tersisa.
Darahnya telah dicurahkan pada malam perjamuan terakhir untuk para rasulNya, untuk keselamatan kita. Darah juga melekat pada kayu salib tempat di tergantung. Darah itulah yang menyelamatkan kita. Darah perjanjian Baru dan kekal, untuk pengampunan dosa.
Hari ketiga, Dia bangkit, membebaskan kita semua umat Allah.
Yesus adalah korban pengganti kurban bakaran. Dia juga penurut, tidak melawan dan memberontak ketika dibawah ke pengadilan dan penyaliban.

Comments

Popular posts from this blog

AGAMA KATOLIK kelas 12 Sems 1.

Materi AGAMA KATOLIK Sem. 1 kelas 10.

Agama Katolik SMA XI Sem 2